Senin, 11 Maret 2024

Cerita Ramadhan Hari Pertama

 


sejak masuk Maghrib di hari pertama ramadhan, hati serasa membara. teringat tausiyah dari ustadz Nuzul Dzikri bahwa ramadhan itu ibadah yang panjangnya sebulan, bukan waktu yang sebentar, bukan juga waktu yang terlalu lama. ramadhan butuh kekuatan iman dan fisik yang stabil dan bahkan meningkat di hari hari akhirnya. jadi mengawali ramadhan dengan stamina iman dan fisik yang baik adalah hal yang harus dilakukan oleh orang-orang yang ingin sukses Ramadhannya.

berbekal tausiyah itu, Alhamdulillah juga ditemani sama Kak Rai dan sahabat taat, suasana fastabiqul khoyrot sudah terasa. di akhir syaban aku masih punya kekurangan 5 juz untuk bisa khatam. target sebelum masghrib sudah selesai, agar saat masuk Maghrib pertama ramadhan, bisa memulai tilawah dari juz 1. ternyata di grup ada kak Rai juga yang berusaha mengkhatamkan. melihat beliau ngebut untuk menyelesaikan, aku merasa Ndak sendirian, lantas juz juz akhir itu kubaca selama di perjalanan jakarta - Bogor. Alhamdulillah menjelang Maghrib juz 30 sudah berhasil dilewati.

bada Maghrib mulai juz 1.. juz 2..juz 3.... masih lancar karena belum ngantuk. keselang boboin anak anak, tarawih, nyiapin sahur besok. lanjut masuk juz 4 mulai ngantuk. tapi inget kalau aku ngga sendirian, teman yang lain juga pasti lagi berjuang untuk tetap terjaga. akhirnya cuci muka, wudhu dan sambil tetap tilawah sambil  skincare-an rutin. jadi seger lagi. Alhamdulillah masuk juz 5. supaya tetap terjaga aku sambil menyetel audio terjemah juz 5 di youtube. Alhamdulillah sebelum tidur malam itu 5 juz sudah terbaca. doa di akhir hari ini adalah semoga semua amalan Allah terima dan dikuatkan untuk melanjutkan amalan baik lainnya.

rehat selesai, bangun lagi jam 2 karena bungsu mau menyusui. selesai menyusui, lanjut aktivitas malam dan tilawah lagi. masuk juz 6 sampai juz 7 lebih sedikit. tilawah rehat karena harus menghangatkan untuk sahur. setelah sahur, sholat, Alhamdulillah dapat lagi tilawah sampai juz 8.

Jam setengah 6 siap siap berangkat ke rumah tetangga untuk tadarusan bareng ibu ibu komplek sampai jam setengah delapan pagi. Masya Allah makin ke-booster melihat semangat mereka. di sesi ini Alhamdulillah dapat 1 1/2 juz barengan. besok lanjut lagi di Al-Baqarah juz kedua dari tengah.

ohya, Alhamdulillah buku tafsir hadiah dari Robusta Alhamdulillah bisa dibawa ke halaqoh ini. niatnya setiap hari kita mau baca tafsir ringkas ini secara berurutan. insya Allah semakin menambah semangat kita untuk belajar jika membahasnya bersama sama. Jazaakillah Kak Rai, Robusta, bukunya semoga jadi jariyah temen2 semua..

sampai di rumah, lanjut aktivitas domestik. ngaji, nemenin anak, ngaji, nyapu, ngaji, nyiapin sanlat, ngaji, nyiapin makanan, begitu terus. kalau cape ngaji ya berbenah. kalau udah bebenah, ngaji lagi, lanjut jadwal talaqqi, lanjut ke gerai hp buat service hp terus cari buat bukaan puasa, ngaji lagi. Dan begitulan seterusnyaa

ya Allah ternyata kalau udah niat dan prioritas, Allah akan mudahkan langkah kaki kita untuk menuju target ya. apalagi lihat di grup ka Rai udah juz 8, kak sovi juga udah banyak, rasanya kalau pas males malu banget sama temen2 semua. utamanya malu sama Allah. di bulannya Al Qur'an aja masih kurang semangat ngajinya, gimana di bulan lain? ayoo semangat lagi, bi idznillah..

Alhamdulillah hari pertama bisa mencapai 15 juz, lebih dari target awal yang 10 juz. ya Allah.. Allah mudahkan di hari pertama ini.. Allah mampukan ternyata .. 😭 sengaja aku memulai dengan ekspektasi yang berlebih, karena semangat hari pertama masih sangat bugar. semoga hari hari ke depan bisa bertahan bahkan makin meningkat lagi semangatnya.

Dan sebagai penutup, aku inget sama tausiyah Ustadz Adi Hidayat, bahwa ciri amal diterima adalah kita dimudahkan untuk bisa melanjutkan dengan amal amal ibadah selanjutnya. Semoga Allah selalu menjaga keikhlasan kita. Semoga Allah menerima amalan kita semua. Semoga kita menjadi hamba Allah yang selalu mendekat kepadaNya.

Aamiin..

Cerita Ramadhan Hari #1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar